Golden Aqiqah

Ini 3 Fakta Posisi Bayi Sungsang dalam Perut!

Tak Perlu Panik, Ini 3 Fakta Posisi Bayi Sungsang dalam Perut!
Tak Perlu Panik, Ini 3 Fakta Posisi Bayi Sungsang dalam Perut!

Mama tahukah sebutan posisi sungsang? Ini ialah posisi bayi yang masih dalam perut, dimana letak kepalanya berada di atas sementara posisi kaki/pantatnya berada di bawah/dekat jalan lahir. Posisi sungsang biasanya diartikan sebagai situasi yang sulit dan membahayakan. Setelah diteliti lebih jauh, ternyata ada lho fakta menarik posisi bayi sungsang ketika dalam perut. Berikut ulasannya :

Bayi sungsang memungkinkan persalinan normal.

Dalam persalinan normal, memang seharusnya posisi kepala bayi berada di bawah untuk memudahkan proses kelahiran. Kebanyakan orangtua yang mengetahui bayinya dalam posisi sungsang, pasti memilih persalinan Caesar dengan alasan keselamatan bayi. Padahal, posisi sungsang masih dapat berubah lho, Ma.

Walaupun di trisemester akhir ruang gerak si kecil semakin terbatas di perut mama, tapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan baginya untuk memutar tubuh. Bahkan, bayi masih dapat berpindah posisi ketika proses persalinan dimulai.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan mama untuk merangsang bayi agar memutar posisi tubuhnya menjelang persalinan, misalnya dengan bersujud, berenang, atau mendengarkan musik.

Resiko terlilit tali pusar lebih kecil.

Hal yang paling mengkhawatirkan dalam masa kehamilan dan melahirkan ialah kemungkinan bayi terlilit tali pusar. Lilitan yang biasanya terjadi di leher ini sangat beresiko karena dapat menyebabkan terhambatnya aliran oksigen dan darah, yang menyebabkan kematian.

Faktanya, bagi bayi dengan posisi sungsang, resiko terlilit tali pusar cenderung rendah. Hal ini dikarenakan kepalanya berada jauh dari tali pusar karena berada di atas, dan tali pusar tidak dapat melilit bokongnya karena ukurannya yang lebih besar dari leher bayi.

Dapat menjadi tanda bayi kembar.

Tidak semua bayi sungsang artinya kembar, namun bayi sungsang dapat menjadi tanda kehadiran bayi kembar. Dalam kehamilan bayi kembar, kedua bayi biasanya saling menyesuaikan ukuran dan posisi tubuh untuk berbagi dan menempati ruang kandungan.

Hal itulah yang menjadi sebab kemungkinan salah satu bayi dalam posisi sungsang. Bayi kembar akan sulit bergerak dalam perut mama karena ruang Rahim yang sempit. Dalam situasi ini, mama perlu berkonsultasi dengan dokter agar dapat menentukan proses persalinan yang tepat.

Baca juga :

Ini Mitos-Fakta dan Dampak Penggunaan Gurita Bayi!
Exit mobile version