4 Jenis Makanan Ini Ampuh Kuatkan Imunitas Bayi!

4 Jenis Makanan Ini Ampuh Kuatkan Imunitas Bayi!
4 Jenis Makanan Ini Ampuh Kuatkan Imunitas Bayi!

Di masa pandemi ini, tak hanya orang dewasa yang membutuhkan makanan yang sehat untuk menjaga kesehatannya. Anak-anak, bahkan bayi juga harus diberi makanan dengan nutrisi dan gizi yang lengkap untuk membantu kuatkan imunitas tubuh.

Selain dalam masa pertumbuhan, bayi dan balita harus diperhatikan pola makan dan jenis makanan yang ia konsumsi agar dapat menjadi tameng dari berbagai penyakit. Setidaknya, makanan mereka harus mencakup kebutuhan karbohidrat, protein, antioksidan dan vitamin yang diperlukan tubuh.

Agar tak bingung, berikut 4 bahan makanan yang dapat menguatkan imun, untuk jadi referensi mama dalam membuat hidangan si kecil.

Telur. Ini adalah sumber protein kelas satu. Telur rebus, dadar, ceplok, bahkan orak-arik dapat jadi pilihan menu yang dimasak mama untuk si kecil. Tak hanya mudah dan praktis, telur ialah menu yang menyehatkan bagi anak.

Kuning telurnya merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat penting untuk tubuh. Jika dikonsumsi secara wajar dan teratur, kuning telur dapat memenuhi kebutuhan antioksidan si kecil.

Baca Juga : 4 Aturan Mengunjungi Bayi Yang Baru Lahir

Buah Berry. Buah jenis ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Entah itu strawberry, raspberry, blueberry maupun blackberry semuanya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan baik untuk mencegah peradangan.

Mama bisa lho, mencampur buah-buah berry ini dalam menu si kecil. Misalnya, dibuat smoothies, diblender dengan susu atau dijadikan camilan.

Kelompok sayuran Cruciferous. Jangan bingung ya, Ma! Ini adalah kelompok sayur kubis-kubisan. Sayurannya terdiri dari kembang kol, brokoli, kubis merah, pakcoy, lobak, kale hingga tauge.

Sayuran jenis ini bagus untuk dikonsumsi anak, karena mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, yakni asam folat dan vitamin K. Tak hanya itu, makanan jenis ini juga memiliki kandungan zat anti kanker yang membantu kuatkan imunitas bayi.

Yoghurt. Siapa tak kenal makanan jenis ini? Yup, yoghurt adalah olahan susu yang mampu menunjang kesehatan berbagai kalangan usia. Bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt mampu melawan dan menghentikan perkembangan bakteri jahat dalam pencernaan.

Dengan mengonsumsi yoghurt yang cukup dan teratur, kesehatan bayi akan terjaga dan imunitasnya akan menjadi kuat.