Ini Tips Sehat Ibu Hamil Selama Pandemi Covid-19!

Ini Tips Sehat Ibu Hamil Selama Pandemi Covid-19!

Dalam kondisi pandemi seperti ini, kesehatan keluarga menjadi hal yang paling penting. Terutama bagi para ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Kekhawatiran akan kesehatan diri sendiri dan jabang bayi pastinya semakin meningkat. Lalu, bagaimana agar ibu hamil tetap sehat selama pandemi Covid-19? Berikut tipsnya!

Batasi berpergian keluar rumah. Demi kesehatan ibu dan bayi juga orang disekitar, tetap patuhi untuk selalu berada di rumah. Boleh keluar rumah tetapi hanya untuk hal-hal yang sifatnya kebutuhan. Contohnya, kontrol kehamilan.

Namun di kondisi saat ini, rumah sakit menjadi tempat dengan resiko penularan tertinggi virus corona. Sebaiknya, kontrol kehamilan pun dibatasi. Kontrol dapat dilakukan jika dalam kondisi yang membutuhkan penanganan segera. Seperti, muntah hebat, pendarahan, kontraksi, pecah ketuban, tidak merasakan gerakan janin, nyeri kepala hebat dan tekanan darah tinggi.

Untuk menghindari kontak langsung dengan pasien di rumah sakit, sebaiknya pendaftaran kontrol dilakukan secara online. Ibu juga dapat membuat janji terlebih dahulu dengan dokter kandungan agar lebih cepat ditangani.

Ini Persiapan Persalinan Yang Perlu Bunda Perhatikan

Patuhi Protokol Kesehatan. Poin ini tak hanya berlaku bagi ibu hamil, tetapi juga untuk semua anggota keluarga. Jangan lupa untuk gunakan masker kain 3 lapis saat keluar rumah. Pastikan selalu membawa hand sanitizer dan masker cadangan. Tidak lupa untuk selalu menjaga jarak dengan orang di sekitar untuk kebaikan bersama.

Terapkan perilaku bersih dan sehat. Tips sehat ibu hamil selama pandemi yang paling penting ialah hidup bersih dan sehat. Jangan lupa untuk selalu cuci tangan di air yang mengalir setelah keluar dari rumah dan rutin mencuci masker kain yang telah digunakan.

Olahraga rutin dan konsumsi makanan yang sehat. Walaupun di rumah aja, jangan malas untuk berolahraga, ya! Selain untuk menguatkan imun tubuh, olahraga juga dapat meningkatkan mood agar selalu ceria. Ibu-ibu bisa lho coba gerakan senam untuk ibu hamil yang banyak beredar di Youtube. Olahraga ringan tapi bermanfaat! Ingat, “mens sana in corpore sano” , di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat! Juga jangan lupa untuk konsumsi sayur dan buah-buahan. Semoga sehat selalu, ibu dan bayi!

Baca juga

4 Olahraga Rumahan untuk Ibu Hamil