4 Olahraga Rumahan untuk Ibu Hamil
Olahraga Untuk Ibu Hamil

4 Olahraga Rumahan untuk Ibu Hamil

  • Post author:
  • Post category:Bunda

Beragam rasa tidak nyaman hampir dirasakan oleh semua ibu yang sedang hamil. Bahkan olahraga untuk ibu hamil pun sulit untuk dilakukan. Terlepas dari itu, momen kehamilan merupakan momen yang paling ditunggu dan menjadi momen penuh kebahagian bagi orang tua yang tengah menanti sang anak lahir ke dunia.

Olahraga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, bahkan saat hamil sekali pun. Meski begitu, tidak semua jenis olahraga untuk ibu hamil dapat dilakukan. Ibu juga bisa melakukan olahraga dalam rumah lho. Seperti olahraga yang akan diulas di bawah ini;

1) Jogging di Teras dan Dalam Rumah

Jika sebelum hamil ibu sudah sering jogging, tidak masalah jika olahraga ini tetap dilanjutkan. Asal, ibu juga perlu memperhatikan kapasitas dan tidak memaksakan diri. Jika dirasa sudah cukup dan kelelahan, maka jogging tidak perlu dilakukan. Tidak perlu track yang jauh, track yang pendek seperti teras dapat dipilih untuk mengurangi resiko kelelahan berlebih.

2) Mengepel Lantai

Mengepel lantai ternyata bisa dikategorikan sebagai olahraga sehat di dalam rumah, lho. gerakan seperti memeras, menunduk, serta menekan otot-otot tangan saat mengepel dapat menjaga agar tubuh ibu hamil tetap bugar. Dengan melakukan olahraga ini, ibu juga bisa sekaligus menjaga rumah agar tetap bersih.

Pilihan Redaksi: 4 Rekomendasi Minuman Pelancar Kehamilan

3) Berenang

Berenang bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat untuk membangun kekuatan yang dibutuhkan saat persalinan nanti. Berenang hanya perlu dilakukan dengan rutin seperti sebelum masa hamil, tapi sebisa mungkin hindari memutar tubuh bagian tengah terlalu banyak agar tidak kelelahan. Ibu bisa melakukan olahraga ini 3 sampai 5 kali seminggu dengan durasi waktu 30 menit setiap berenang.

4) Yoga

Yoga banyak dipilih sebagai olahraga ideal bagi ibu hamil, khususnya saat hamil muda. Faktanya, yoga memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti memperbaiki postur tubuh, pernapasan ideal, dan menjaga stamina. Yoga juga bermafaat untuk merilekkan saraf-saraf dan menjaga agar tidak terjadi ketegangan yang menimbulkan stress.

Baca juga:

4 Tips Menjaga Kebugaran Saat Kehamilan